Berita

Kunjungi SMKN 1 Tahuna, Kakanwil : Moderasi Beragama Bagian Dari Tujuan Pendidikan Nasional

Selasa, 20 Juni 2023 08:47 WIB
  • Share this on:

Kemenag (Sangihe) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara H. Sarbin Sehe, S. Ag, M. Pd. I memberikan Pembinaan sekaligus Penguatan tentang Moderasi Beragama pada hari Jumat 9 Juni 2023 di SMK Negeri 1 Tahuna Kab. Kep Sangihe.

Dalam sambutannya, Kakanwil mengatakan bahwa SMK Negeri I Tahuna adalah sekolah yang membentuk karakter khusus untuk persiapan ke Perguruan Tinggi yang dibekali dengan lengetahuan, keterampilan, teori dan praktek untuk siap masuk dalam dunia kerja, dan dalam kesempatan yang baik ini kami hadir dan menitipkan satu program besar. 

"Kita tahu bahwa Indonesia mengedepankan nilai nilai agama dalam membentuk karakter setiap anggota masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Agama menjadi luar biasa karena menjadi indikator kebaikan. Sebuah negara dikatakan baik, negara itu maju, negara itu cerdas sangat dinpengaruhi oleh nilai agama. Selain itu adalah komitmen beragama, dimana kita semua memiliki agama yang kita yakini dan ajaran yang akan kita jalankan. Kita harus bangga dengan agama kita masing-masing. Sebagai umat beragama yang taat agama, yang taat pada Tuhan itu menjadi baik dan privat bagi seseorang yang memeluk agamanya sesuai dengan keyakinannya. Jadi, tidak bisa di ganggu oleh siapapun, harkat dan martabat beragama itu pilihan atas jati diri seseorang dalam beragama dan kita harus menghargai, itu yang disebut dengan moderasi beragama. Kita adalah orang yang harus moderat dalam cara pandang, pikiran dan perasaan bukan nilai agamanya. Negara memberikan ruang yang sama pada umat beragama untuk terus meningkat kualitas beragamanya, kualitas ketaqwaan dan keimanan kepada Tuhan yang Mahakuasa sesuai dengan ajarannya," ungkap Kakanwil.

"Saya berharap kepada Guru Pendidikan Agama Kristen dan Guru Pendidikan Agama Islam mari terus kita bumi kan moderasi beragama dalam aspek kehidupan di sekolah agar hadir karakter saling menghormati dan saling menghargai itu tertanam sejak dini bagi anak didik sehingga masa depan bangsa Indonesia dapat terpelihara dan menghasilkan anak yang moderat". harap Kakanwil.

Kegiatan dilaksanakan di SMK Negeri I Tahuna, kegiatan berjalan dengan baik, dihadiri oleh Kabid Pendidikan Kristen  Pdt. Anneke Purukan, S. Pak, M. Pd, Kasi Bimas Kristen Chrestian Rumengan, SH, guru SMK Negeri I dan Siswa-siswi. (YS) 

Kontributor : Yolanda Silangen

Editor : Trenny WM

Editor:
Trenny WM
Kontributor:
Yolanda Silangen

Gallery

  • Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara H. Sarbin Sehe, S. Ag, M. Pd.I melakukan pembinaan Kepada para guru dan siswa/i di MTs Negeri I Tahuna,
  • -
  • Kakanwil melakukan Kunjungan Kerja di Kab. Kepl Sanghihe dan di sambut oleh ASN Jajaran Kemenag Sangihe
  • Kakanwil H. Sarbin Sehe, S. Ag, M. Pd. I memberikan Pembinaan sekaligus Penguatan tentang Moderasi Beragama pada hari Jumat 9 Juni 2023 di SMK Negeri 1 Tahuna Kab. Kep Sangihe.